Macam-Macam Tenda dan Fungsinya

Terdapat berbagai macam-macam tenda dengan fungsinya yang tentunya berbeda – beda. Dalam beberapa jenis kegiatan atau event tenda sangatlah dibutuhkan untuk dapat melengkapi kebutuhan suatu acara.

Kegunaan tenda pada dasarnya yaitu sama, untuk tempat berteduh atau istirahat dari berbagai pengaruh dari cuaca, baik itu cuaca panas maupun hujan. Dan salah satu faktor yang membedakan fungsi dari berbagai tenda yaitu dapat dilihat dari cara kegunaan, ukuran, serta materi yang dipakai.

Tenda biasanya memiliki dua prinsip pelapisan perlindungan, yaitu dinding bagian dalam yang terbuat dari bahan yang tidak anti air dan dinding bagian luar yang terbuat dari bahan yang anti air, ini bertujuan untuk mengatasi faktor yang akan mengatasi beberapa aktivitas di dalam tenda.

Macam-macam tenda dan fungsinya

  1. Tenda kerucut atau tenda sanarfil
    Jenis tenda ini juda sering disebut sebagai tenda sanarfil, dan tenda jenis ini mempunyai fungsi yang sama dengan kebanyakan jenis tenda yang lainnya yaitu sebagai tempat untuk berteduh dari hujan ataupun panas. Jenis tenda digunakan untuk sebuah posko yang sementara atau event bazar.
    Bentuk dari tenda kerucut ini memang seperti kerucut, dan terdapat tutup yang sempurna yang melindungi dari hujan, tenda sanarfil biasanya difungsikan untuk tempat istirahat pengunjung, berjualan dan sebagai tribun penonon peserta.
  2. Konvensional
    Untuk jenis tenda ini biasanya di gunakan untuk beberapa acara yang diadakan di lapangan yang dalam skala besar yang sudah disesuaikan. Dan ukuran tenda ini bisa disesuaikan sesuai dengan permintaan.
  3. Roder
    Tenda jenis roder ini biasanya mempunyai ukuran yang lebih besar dari jenis tenda konvensional. Ciri dari jenis tenda roder ini adalah jenis tenda ini yang secara konstruksi tidak mempunyai penyanggah, dan kelebihannya luas area dan dapat dimanfaatkan dengan secara maksimal. Jenis tenda ini biasa juga disebut sebagai jenis tenda dome atau hangar dan juga biasanya digunakan untuk acara-acara besar misalnya peresmian, pameran, dan bahkan pertemuan.
  4. Transparan
    Tenda transparan bisa digunakan untuk acara pernikahan, pesta, dan berbagai acara lainnya. Tujuan dari penggunaan jenis tenda ini biasanya supaya sebuah acara dapat terlihat bagus, menarik, dan elegan. Dan selain itu juga, tenda jenis transparan ini juga dapat digunakan untuk dapat menampilkan suasana luar dan membiarkan sinar matahari masuk dan ukuran dan bentuk tenda transparan juga dapat disesuaikan dengan keinginan dari penggunanya.
  5. Tenda kafe
    Jenis tenda ini dibuat dengan desain yang sangatlah mudah untuk di pasang dan dapat dilipat, desain dan ukuran juga bisa disesuaikan dengan keinginan dari para penggunanya dan tenda kafe biasanya digunakan untuk tempat bersantai pada usaha kuliner dan kafe.
  6. Tenda pramuka
    Setiap kegiatan pramuka atau militer jenis tenda yang digunakan adalah tenda jenis ini karena kapasitasnya yang sangatlah besar. Kelebihan dari jenis tenda pramuka ini adalah kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan berbagai jenis tenda lainnya. Karena tenda ini memang khusus dirancang untuk bisa bertahan dari cuaca yang ekstrim seperti di pegunungan atau hutan, karena jenis ukuran tenda ini sangat besar, maka diperlukan banyak orang untuk dapat
  7. Tenda flysheet
    Tenda jenis ini merupakan tenda yang bentuknya mirip dengan tenda pramuka akan tetapi jenis tenda ini lebih sederhana dan tanpa penutup samping. Tenda ini merupakan tenda pendukung yang biasanya difungsikan sebagai ruangan rapat, ruangan makan, ataupun pos penjaga, dan sangat jarang sekali digunakan untuk tidur.
  8. Tenda bivak
    Tenda bivak merupakan tenda darurat atau tenda sederhana yang biasanya digunakan pada saat perkemahan di alam bebas atau kegiatan praktek bertahan hidup di alam bebas. Bahan yang digunakan adalah jas hujan kelelawar yang biasanya digunakan saat mengendarai motor dan biasanya tenda ini digunakan untuk tempat berlindung sementara.(Syaidah)

Leave a Comment