Macam-Macam Tenda Pramuka dan Fungsinya

Tenda merupakan tempat berlindung yang terbuat dari lembaran kain atau bahan tertentu, yang menutupi dan menempel pada bagian kerangka tiang atau melekat pada tali pendukung. Biasanya tenda digunakan sebagai pendukung saat acara camping (kemah) pramuka. Camping (kemah) biasanya dilakukan di alam terbuka, oleh karena itu penting bagi kita mengetahui jenis tenda yang akan digunakan. Tentu kita akan memilih tenda yang praktis, simple, dan aman jika digunakan.

Macam-Macam Tenda Pramuka

  1. Tenda Kubah

Tenda kubah memiliki keunggulan dari jenis tenda pramuka biasanya, karena memiliki ukuran sedang dengan kapasitas 6-7 anak atau 4-5 orang dewasa. Bahan dan berat bebannya pun ringan sehingga mudah dibawa kemana mana. Tenda kubah juga dilengkapi dengan alas bagian luar sehingga aman saat musim hujan. Tenda kubah dapat didirikan oleh 1 orang saja, cukup simple dan aman jika dipakai saat kegiatan camping pramuka.

  1. Tenda Pleton

Tenda ini sering juga disebut sebagai tenda pramuka, bentuknya standar tetapi lebih sulit untuk mendirikannya, Tenda ini harus didirikan oleh 4 orang yang saling memegang ujung tiang tenda nya. Namun tenda ini juga memiliki kekuatan yang baik dan cukup untuk menampung 5-6 anak. Tenda pramuka ini juga tersedia dalam ukuran besar, oleh karena itu tenda ini bisa disebut sebagai tenda pleton.

  1. Tenda Ridge

Tenda ini sering digunakan saat kemah pramuka, karena tenda ini memiliki ukuran yang cukup besar dan juga mampu menampung banyak orang, akan tetapi tenda ini harus di didirikan oleh banyak orang. Tenda ini memiliki ruang yang besar dikarenakan atap tenda dibuat miring, oleh sebab itu tidak memakan banyak tempat dan sangat cocok dipakai saat pergi berkemah kegiatan pramuka. Biasanya tenda ridge digunakan sebagai tenda beregu karena ukurannya yang besar dan bisa menampung banyak orang di dalamnya.

  1. Tenda Tunnel

Tenda ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda dari tenda kemah pramuka biasanya, tenda ini berbentuk tertutup dan lumayan besar dibandingkan tenda kemah biasanya, akan tetapi tenda ini tidak terlalu tahan oleh angin kencang, dan pemasangan tenda ini harus dilakukan oleh orang banyak. Tenda ini tidak memakai tiang penyangga dan langsung menempel ke tanah.

  1. Tenda Flysheet

Tenda ini bentuknya mirip dengan tenda pramuka tetapi bentuknya lebih sederhana dan tidak memiliki tutup samping. Tenda ini biasanya digunakan sebagai pendukung yaitu untuk tempat ruang makan, tempat bersantai dan mengobrol. Tenda ini juga bisa digunakan sebagai pendukung tenda pramuka, dan diletakkan untuk atap tenda pramuka.

Fungsi Tenda Pramuka

  1. Sebagai tempat beristirahat
  2. Sebagai tempat berteduh saat panas ataupun hujan
  3. Sebagai tempat tidur
  4. Sebagai tempat berkumpul sesama rombongan
  5. Sebagai tempat berlindung dari ancaman binatang buas

Sebelum kita mendirikan tenda, tentunya kita harus tau langkah langkahnya terlebih dahulu, agar kemah berjalan dengan lancar, berikut langkah-langkah nya :

  1. Usahakan mencari tempat yang datar saat mendirikan tenda, karena tempat yang datar akan memudahkan dalam melakukan kegiatan, dan usahakan tidak berbatu untuk membantu tidur kita agar menjadi nyenyak.
  2. Cari tempat yang kemungkinan terlindung dari sinar matahari, alasannya tentu saja agar kita tidak terkena terik matahari, ada baiknya meletakkan tenda membelakangi arah matahari terbit agar pada pagi harinya kita juga dapat menikmati udara pagi.
  3. Jauhkan tenda dari api unggun, usahakan tenda berada jauh dari jangkauan api unggun, apabila api tertiup angin akan berbahaya jika mengenai tenda.
  4. Bersihkan area kemah terlebih dahulu, usahakan agar sekitar area kemah bersih dari ranting dan dedaunan
  5. Tempat kemah harus tenang dan aman dari segala macam bahaya, usahakan tempat yang jauh dari ancaman binatang buas.

Leave a Comment